Aksesori

Cuci Mobil Touchless, Konsep Mencuci ‘Go Green’ Tanpa Banyak Konsumsi Air

43views

Banyaknya lokasi pencucian kendaraan yang menggunakan air tanah berpotensi mengurangi kandungan air tanah secara cepat. Belum lagi bahan pembersihnya yang membawa limbah deterjen beracun. Bagaimana solusinya agar bisnis cucian mobil berjalan dengan mengedepankan konsep ‘go green’?

Problem utama akibat banyaknya pencucian kendaraan di berbagai kota besar adalah, berkurangnya cadangan air tanah. Pemakaian jet-pump yang cenderung ‘menguras’ air tanah secara berlebihan, seringkali menimbulkan efek kekeringan mudah datang ketika musim kemarau tiba. Secara efek lebih ekstrem, berkurangnya cadangan air tanah, juga cepat menurunkan permukaan tanah. Tak heran kalau di beberapa kota besar, sering terjadi penurunan permukaan tanah yang bisa mencapai beberapa sentimeter tiap tahunnya.

Bahkan Pemerintah Daerah di berbagai kota besar di Indonesia, dai beberapa waktu lalu sudah mulai mengatur penggunaan air tanah dalam bentuk Peraturan Daerah. Sehingga nantinya air tanah agar bisa dipergunakan warga secukupnya dan seperlunya saja agar berimbang dengan tingkat penyerapan air ke dalam tanah. Khusus untuk air tanah yang dipergunakan khusus untuk bisnis seperti usaha pencucian atau perkantoran, Perda tersebut juga mengaturnya proporsional dalam regulasi yang tujuannya untuk menjaga keseimbangan alam.

Leave a Response

admin
content manager