FYI

Ini Dia Sejarah Ikatan Motor Indonesia Yang Wajib Diketahui!

121views

Ikatan Motor Indonesia (IMI) adalah organisasi induk dari olahraga bermotor baik mobil maupun sepeda motor di Indonesia. Sejarah IMI sudah tercipta sejak zaman Belanda yang kala itu dikenal dengan nama Javasche Motor Club yang didirikan di Semarang, 27 Maret 1906.

Medio 1934, nama itu pun berubah mengikuti zaman menjadi Het Koningklije Nederlands Indische Motor Club (KNIMC). Yang menarik saat itu KNIMC telah diakui secara internasional oleh beberapa organisasi otomotif terkemuka dunia, yang saat itu berkiblat di Eropa. Diantaranya:

  1. Alliance Internationale de Tourisme, yang merupakan induk organisasi menangani soal turisme dengan kendaraan bermotor, berpusat di Paris, Prancis.
  2. Federation Internationale de l’Automobile (FIA), atau induk organisasi yang menangani olahraga dan turisme mobil yang berpusat di Paris, Prancis.
  3. Federation Internationale Motocyliste (FIM) yang berpusat di Jenewa, Swiss sebagai indusk organisasi yang menangani olahraga motor/roda dua.
  4. Commision Internationale du Karting (CIK) atau induk komisi organisasi yang menangani balap gokart asal Paris, Prancis.

Seiring berjalannya waktu, penamaan berubah lagi menjadi Indonesische Motor Club (IMC) sampai saat penyerahan kedaulatan dari Kerajaan Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia. Dimana pada saat itu IMC diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia yang dalam hal ini oleh Departemen Perhubungan.

Sejak IMC diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1950, nama IMC berubah menjadi Ikatan Motor Indonesia (IMI), seiring dimintakan pula pengakuan dan pengesahan dari badan-badan internasional seperti AIT, FIA, FIM dan OTA.

Sementara itu kantor pusat IMI (sebelumnya IMC ) yang selama ini berada di Semarang, dipindahkan ke Jakarta yang untuk pertama kali dan sampai dengan tahun 1968 menempati beberapa ruangan dari Kantor Bank Exim, Kota. Setelah 1968 kantor Pusat IMI telah beberapa kali berpindah tempat yang akhirnya sampai saat sekarang menempati bahagian dari ruangan sayap kanan Stadion Tennis, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta Pusat.

Sampai saat terdapat total 35 IMI Provinsi yang mewakili induk olahraga di masing-masing wilayahnya. Secara umum IMI yang diakui Pemerintah Republik Indonesia dan berkedudukan hukum memiliki tugas sebagai berikut:

  1. IMI berkewajiban dalam membuat aturan, serta mengawasi jalannya olahraga otomotif, termasuk program-program pariwisata dan berpartisipasi dalam menciptakan keamanan lalu lintas dan ketertiban di jalan raya kepada masyarakat dan khususnya untuk semua penggemar motor sport.
  2. IMI bertindak sebagai organisasi yang memfasilitasi industri olahraga otomotif di seluruh provinsi bersama dengan pemerintah dalam mengintegrasikan dan bekerja sama di bidang pariwisata dan sektor sosial, serta dalam industri otomotif, Pemerintah sebagai regulator kebijakan, yang pelaksanaannya dilakukan oleh pihak swasta dan industri otomotif dimana IMI sebagai fasilitator.
  3. IMI mendorong para atlet melalui berbagai jenis kegiatan yang dilakukan seperti acara lokal (club, provinsi, regional), tingkat nasional dan internasional, serta mendorong penyelenggara kompetisi untuk melakukan standar internasional dan kegiatan profesional.

 

Leave a Response

admin
content manager