FYI

Wajib Tahu, 5 Penyakit Rawan Kumat Saat Mengemudi!

63views

Tahukah Anda, 5 penyakit ini rawan kumat saat mengemudi. Risikonya semakin besar saat menempuh perjalanan jauh yang melelahkan. Maka buat para driver, sebaiknya jangan sekadar memperkuat daya tahan, tapi juga harus memperhatikan hal-hal yang dilarang saat mengemudi. Terlebih bila menjadi pengidap salah satu pengidap dari 5 penyakit berpotensi fatal di bawah ini.

1. Epilepsi. Penderita epilepsi sangat berbahaya jika dibiarkan berkendara, karena akan kehilangan kesadaran secara periodik dan terjadi secara tiba-tiba. Karena itu, saat sang penderita mengemudi dan merasa penyakitnya akan kambuh, diwajibkan untuk menghentikan kendaraan, lalu turun dan tiduran di pinggir jalan.

2. Vertigo. Penyakit ini bisa timbul secara mendadak dan tanpa pemberitahuan. Penderitanya akan merasa lingkungan berputar, benda-benda berterbangan, mual tak tertahankan, lemas, lunglai dan keringan dingin. Sehingga sangat tak dianjurkan untuk penderitanya mengemudi.

3. Jantung. Serangan yang sama mendadaknya juga terjadi buat penderita penyakit jantung. Bahkan obat-obatan peredanya akan mempengaruhi kemampuan mengemudi penderita jantung, sehingga sulit untuk mengendalikan kendaraan. Alhasil potensi celaka di jalan akan lebih besar.

4. Stroke. Penyakit darah tinggi yang tak terkontrol juga berbahaya, karena ada potensi ancaman serangan stroke. Apalagi dengan kandungan kolesterol tinggi. Sebaiknya periksa tekanan darah Anda sebelum berangkat. Bila angkanya 130/80, mesti mulai waspada dan sebaiknya tak usah mengemudi.

5. Asma. Penderita asma akut juga tak disarankan untuk mangemudi mobil. Pasalnya ketika penyakitnya kambuh, bisa mengurangi responsifitas perlakuan ke mobil karena asupan udara ke otak terhambat. Sebaiknya, selalu bawa obat untuk mengurangi gejala timbulnya dan hindari mengemudi dalam waktu yang lama.

Leave a Response

admin
content manager