FYI

T2 Motorsports, Tim Balap Independen Antar Negara Asal Indonesia

42views

Duet pembalap Indonesia Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro dalam ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019 dan Asian Le Mans Series 2019/2020 mendatang, difasilitasi oleh tim balap T2 Motorsports. T2 Motorsports merupakan tim independen Asia yang dibentuk pada tahun 2016 oleh pembalap sekaligus pengusaha asal Indonesia, David Tjiptobiantoro dan Gregory Teo (berkebangsaan Singapura) dengan latar belakang yang sama. Keduanya memiliki kecintaan dan dedikasi yang sama terhadap dunia balap dan menjadikan tim ini sebagai pelopor dan satu-satunya tim balap antar-negara di Asia Tenggara.

Memiliki visi untuk mengikuti kompetisi balap kelas dunia, membawa T2 Motorsports pada kejuaraan-kejuaraan tingkat Asia yang diharapkan dapat merambah kejuaraan-kejuaraan di luar Asia. Dimana beberapa torehan prestasi dicetak tim ini tiap tahun. Di antaranya:

  • 2018: Peringkat ke-4 TOTAL 24 HOURS SPA (AM CLASS)
  • 2017: Blancpain GT Series Asia (AM CLASS)
    • Sepang
      Sesi balap 1: juara ke-2
      Sesi balap 2: juara pertama
    • Suzuka
      Sesi balap 1: juara ke-2
      Sesi balap 2: juara ke-2
    • Fuji
      Sesi balap 1: juara ke-2
      Sesi balap 2: juara ke-3
    • Shanghai
      Sesi balap 1: peringkat ke-4
      Sesi balap 2: DNF
  • 2016: Juara pertama – Motul Sepang 12 Hours (AM CLASS)

Tim T2 Motorsports memiliki mobil balap GT andalan yaitu Ferrari 488 GT3. Mobil asal Italia ini dibuat dari nol dengan tujuan agar dapat memberikan performa maksimal namun tetap membawa karakteristik dari 458 Italia GT3.

Berbeda dari 458 Italia GT3 yang merupakan turunan dari mobil Challenge, 488 GT3 dibuat dari kerangka kosong, dikembangkan secara khusus untuk menetapkan standar baru di kelasnya. Sistem aerodinamika disetel hingga detil, membuat 488 GT3 sangat mirip dengan mobil GTE dan dapat dikonversi ke konfigurasi GTE sehingga mobil ini dapat digunakan untuk pertandingan di dua kelas.

Kerangka sepenuhnya menggunakan bahan aluminium yang ringan dan kokoh untuk memenuhi kebutuhan reaktivitas dan presisi yang dibutuhkan oleh pengendara. Ferrari 488 GT3 juga dilengkapi dengan suspensi balap yang tidak dapat ditemukan pada mobil harian. Karakteristik dari teknologi dan efisiensinya sama dengan mobil-mobil LMP1 dan LMP2. Sistem elektrik telah dioptimalkan sehingga memungkinkan pengendara untuk mengeksplor potensi mobil lebih mendalam lagi.

Mesin V8 Turbo pada 488 GT3 merupakan mesin V8 versi balap yang sudah melalui tahap uji coba selama bertahun-tahun sehingga dapat memberikan hasil yang sempurna. Perubahan besar lainnya juga terdapat pada Gearbox yang sudah tidak lagi
longitudinal melainkan transversal. Memungkinkan konfigurasi yang lebih ekstrem dan membuat mobil lebih mudah dikendalikan oleh pengemudi.

Leave a Response

admin
content manager